PPK Parongpong Siap Gencarkan Sosialisasi Pilkada bagi 14 Segmen Masyarakat

KPU BANDUNG BARAT, - Panitia Pemilihan Kecamatan Parongpong (PPK) Kabupaten Bandung Barat siap menggencarkan sosialisasi Pilkada Serentak 2024 bagi 14 segmen masyarakat. Langkah ini guna menggenjot partisipasi pemilih dalam perhelatan pemilihan bupati dan wakil bupati Bandung Barat serta gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat. 

14 segmentasi sasaran sosialisasi ini telah ditetapkan KPU Bandung Barat meliputi pemilih pemula, disabilitas, kaum perempuan, petani, milenial, kelompok marjinal, tokoh masyarakat, kelompok keagamaan, peternak dan pegiat perikanan, lansia, forum RT dan RW, mahasiswa dan pelajar, pelaku transportasi, serta guru. 

"KPU sudah keluarkan 14 segmen masyarakat yang jadi sasaran sosialisasi. Nah ini akan kita petakan di wilayah Parongpong lalu nanti diatur jadwal dan pola paling efektif sosialisasinya," kata Divisi Sosialisasi dan SDM PPK Parongpong Ghinan Alifahmi. 

Berdasarkan data KPU, partisipasi pemilih Bandung Barat tahun 2015 mencapai 70 persen, tahun 2017 mencapai 74,5 persen, tahun 2018 mencapai 73,24 persen, tahun 2024 mencapai 84,82 persen. Gencarnya sosialisasi dan pelibatan masyarakat akan sangat menentukan tingkat partisipasi dalam pemilu. 

"Kami di Parongpong khususnya ingin memasang target partisipasi pemilih melebihi dari tahun sebelumnya, minimal 85 persen. Makanya kita optimalkan sosialisasinya," papar Ghinan. 

Selain melakukan pertemuan dan forum interaktif, PPK Parongpong bakal melakukan sosialisasi terbuka dengan memanfaatkan mobil keliling. Khusus untuk mobil keliling, bakal menyasar pusat-pusat keramaian seperti pasar, selasar masjid, dan ruang publik lainnya. 

"Jadi pola sosialisasinya kita sesuaikan dengan segmentasi. Karena tiap segmen punya karakter yang berbeda-beda, jadi pola sosialisasinya juga gak bisa dipukul rata disamakan," tandasnya. (Media Center KPU KBB)

Bagikan:

facebook twitter whatapps

Dilihat 58 Kali.